Tulisan Softskill
Nama : Lugas Setyo
Aji
NPM : 24212257
Kelas : 1EB13
UNIVERSITAS GUNADARMA 2013
NPM : 24212257
Kelas : 1EB13
UNIVERSITAS GUNADARMA 2013
Komunikasi pemasaran
1. Definisi
Komunikasi pemasaran adalah salah satu kegiatan pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi, dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan maupun produk agar bersedia menerima, membeli dan setia kepada produk yang ditawarkan produsen.
2. Proses Komunikasi
Komunikasi adalah proses penyampaian informasi pengirim melalui suatu media agar pihak penerima mengerti maksud pengirim. Tiga unsur dalam struktur proses komunikasi melingkupi
1. Pelaku komunikasi
2. Material komunikasi
3. Proses komunikasi itu sendiri
Komunikasi adalah proses penyampaian informasi pengirim melalui suatu media agar pihak penerima mengerti maksud pengirim. Tiga unsur dalam struktur proses komunikasi melingkupi
1. Pelaku komunikasi
2. Material komunikasi
3. Proses komunikasi itu sendiri
Gambaran Proses Komunikasi sebagai berikut :
3. Tujuan, Respon Komunikasi
Tujuan komunikasi adalah untuk:
1.Menyebarkan informasi (Komunikasi informatif). Misalnya tentang produk, harga, distribusi, dsb.
2.Mempengaruhi untuk melakukan pembelian atau menarik konsumen pesaing untuk beralih merk
(Komunikasi persuasif).
3.Mengingatkan audien untuk melakukan pembelian ulang (Komunikasi mengingatkan kembali).
Respon penerima komunikasi meliputi
1.Efek kognitif, membentuk kesadaran informasi tertentu.
2.Efek afeksi, memberikan pengaruh untuk melakukan sesuatu yang diharapkan adalah
realisasi pembelian.
3.Efek konatif atau perilaku, membentuk pola audien menjadi perilaku selanjutnya, yang
diharapkan adalah pembelian ulang.
Gambaran Tujuan, Respon dan Proses Pembelian sebagai berikut :
4. Sasaran Komuniksasi
Komunikasi akan efektif apabila telah diketahui dan dipahami sasarannya (audience) dengan baik.
Sehingga perusahaan dapat menyesuaikan pesan dan cara penyampainnya sesuai dengan perilaku
pasar sasarannya. meliputi :
1)Pasar pribadi,
2)Organisasi
3)Masyarakat umum yang berperan sebagai :
Pemberi informasi (initiator)
Pengaruh (influencer)
Pengambil keputusan (decider)
Pelaku pembeli (purchaser)
Pemakai produk (user) pada proses pembeliannya.
Komunikasi akan efektif apabila telah diketahui dan dipahami sasarannya (audience) dengan baik.
Sehingga perusahaan dapat menyesuaikan pesan dan cara penyampainnya sesuai dengan perilaku
pasar sasarannya. meliputi :
1)Pasar pribadi,
2)Organisasi
3)Masyarakat umum yang berperan sebagai :
Pemberi informasi (initiator)
Pengaruh (influencer)
Pengambil keputusan (decider)
Pelaku pembeli (purchaser)
Pemakai produk (user) pada proses pembeliannya.
Gambaran Skema Sasaran Komunikasi sebagai berikut :
5. Media Komunikasi
•Personal : Dapat dipilih dari tenaga penganjur. Misalnya (Konsultan, Tenaga ahli, Profesi
atau dari masyarakat umum).
•Non Personal : Dapat berupa media massal (TV, Radio, Koran), Kondisi Lingkungan
(Ruangan, Gedung) ataupun peristiwa tertentu (hari-hari besar atau spesial).
Gambaran Media Komunikasi sebagai berikut :
ucuz takipçi
BalasHapusucuz takipçi
tiktok izlenme satın al
binance güvenilir mi
okex güvenilir mi
paribu güvenilir mi
bitexen güvenilir mi
coinbase güvenilir mi
perde modelleri
BalasHapussms onay
mobil ödeme bozdurma
NFT NASİL ALİNİR
Ankara evden eve nakliyat
trafik sigortası
dedektör
web sitesi kurma
aşk kitapları