Senin, 07 Oktober 2013

Koperasi Warga Semen Gresik termasuk koperasi terbaik di indonesia

Tugas Softskill
Nama   : Lugas Setyo Aji
NPM    : 24212257
Kelas   : 2EB13
UNIVERSITAS GUNADARMA 2012

Koperasi Warga Semen Gresik termasuk koperasi terbaik di indonesia

Assalammualikum wr, wb.
Hallo para pembaca blog saya sebelumnya terimakasih ya ingin membacanya, disini saya akan menjelaskan tentang menganalisis sebuah koperasi yang ada di indonesia, salah satunya adalah koperasi warga semen gresik, saya akan membahas aspek-aspek yang telah saya bahas tentang koperasi. Nah artikel ini cukup membantu anda untuk mengetahui lebih dalam tentang koperasi tersebut, sebagai berikut.

Didalam ruang lingkup koperasi warga gresik (KWSG) yang bisa saya analisis dari aspek bagian konsepnya, koperasi tersebut termasuk dalam konsep koperasi barat disni saya akan jelaskan,
Koperasi ini merupakan  organisasi swasta, yang dibentuk secara sukarela oleh orang-orang yang mempunyai persamaan kepentingan, dengan maksud mengurusi kepentingan para anggotanya serta menciptakan keuntungan timbal balik bagi anggota koperasi  maupun perusahaan koperasi.
 Unsur-unsur Positif Konsep Koperasi Barat antara lain, Keinginan individu dapat dipuaskan dengan cara bekerjasama antarsesama anggota, dg saling membantu dan saling menguntungkan, Setiap individu dg tujuan yang sama dapat berpartisipasi untuk mendapatkan keuntungan dan menanggung risiko bersama, Hasil berupa  surplus/keuntungan didistribusikan kepada anggota sesuai dengan metode yang telah disepakati, Keuntungan yang belum didistribusikan akan dimasukkan sebagai cadangan koperasi. Dampak Langsung Koperasi Terhadap Anggotanya antara lain, Promosi kegiatan ekonomi anggota, Pengembangan usaha perusahaan koperasi dalam hal investasi, formasi permodalan, pengembangan SDM, pengembangan keahlian untuk bertindak sebagai wirausahawan dan bekerjasama antar koperasi secara horizontal dan vertikal. Dampak Tidak Langsung Koperasi Terhadap Anggota, Pengembangan Kondisi sosial ekonomi sejumlah produsen skala kecil maupun pelanggan, Mengembangkan inovasi pada perusahaan skala kecil, Memberikan distribusi pendapatan yang lebih seimbang dg pemberian harga yang wajar antara produsen dg pelanggan, serta pemberian kesempatan yang sama pada koperasi dan perusahaan kecil. 
Dalam aspek aliran koperasi ini termasuk dalam golongan aliran persemakmuran,  disini saya jelaskan. Sebab-sebab koperasi ini aliran persemakmuran (Commonwealth) antara lain, Koperasi sebagai alat yang efisien dan efektif dalam meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat, Koperasi sebagai wadah ekonomi rakyat berkedudukan strategis dan memegang peranan utama dalam struktur perekonomian masyarakat, Hubungan Pemerintah dengan gerakan koperasi bersifat “Kemitraan (partnership)”, dimana pemerintah bertanggung jawab dan berupaya agar iklim pertumbuhan koperasi tercipta dengan baik. 
 
Sejarah dari Koperasi Warga Semen Gresik (KWSG) adalah Koperasi Semen Gresik People. Didirikan pada tanggal 29 Januari 1963, dengan nama "Koperasi Multi-Usaha Karyawan BUMN Semen Gresik"​​. Kemudian pada tanggal 2 November 1991, nama berubah menjadi "Koperasi Semen Gresik Rakyat" atau disingkat menjadi KWSG.

Tujuan koperasi tersebut menurut Undang-undang Nomor 25 tahun 1992 Pasal 3 koperasi bertujuan memajukan kesejahteraan anggotanya pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur berlandaskan Pancasila dan UUD 1945. Menurut UU no 25/1992 pasal 4, Koperasi bertujuan, Membangun dan Mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota nya pada khusus nya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya, memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahan perekonomian nasional dengan koperasi sebagai kopegurunya berperan serta secara aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat, berusaha untuk mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional yang merupakan usaha bersama berdasarkan asas kekluargaan dan demokrasi ekonomi.

Prinsip koperasi menurut UU no. 25 tahun 1992 adalah antara lain,  Keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka, Pengelolaan dilakukan secara demokrasi, Pembagian SHU dilakukan secara adil sesuai dengan jasa usaha masing-masing anggota, Pemberian balas jasa yang terbatas terhadap modal, Kemandirian, Pendidikan perkoperasian, Kerjasama antar koperasi.
Bentuk organisasi koperasi warga semen gresik, antara lain :
Bentuk : Rapat Anggota, Pengurus, Pengelola dan Pengawas Rapat Anggota, Wadah anggota untuk mengambil keputusan. Pemegang Kekuasaan Tertinggi, dengan tugas : Penetapan Anggaran Dasar, Kebijaksanaan Umum (manajemen, organisasi & usaha koperasi), Pemilihan, pengangkatan & pemberhentian pengurus, Rencana Kerja, Rencana Budget dan Pendapatan sertapengesahan Laporan Keuangan, Pengesahan pertanggung jawaban, Pembagian SHU, Penggabungan, pendirian dan peleburan. Merupakan suatu susunan tanggung jawab para anggotanya yang melalui hubungan dan kerjasama dalam organisasi perusahaan tersebut. 
Sekian dari analisa saya tentang koperasi warga semen gresik, semoga bermanfaat, dan bila terjadi kesalahan dari analisa saya menurut sekiranya pembaca mohon di komentar di blog saya, dan juga saya meminta maaf sebesar-besarnya. Dan terimakasih yang sudah selesai membaca blog saya, bila adakesalahan kata-kata mohon dimaafkan sebesar-besarnya.  
Wasaalammuallaikum wr, wb. 

Sumber : 
http://ocw.gunadarma.ac.id/...s1/...koperasi/konsep-aliran-dan-sejarah-koperasi
http://ahim.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/9893/BAB+II.ppt
http://ocw.gunadarma.ac.id/course/economics/management-s1/ekonomi-koperasi/organisasi-dan-manajemen-koperasi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar