Jumat, 17 Januari 2014

BISNIS PENYEWAAN SOUND SYSTEM

Tugas Softskill

Nama   : Lugas Setyo Aji
NPM    : 24212257
Kelas   : 2EB13 UNIVERSITAS GUNADARMA 2012

BISNIS PENYEWAAN SOUND SYSTEM

Dari dulu saya ingin memulai karier saya dengan berbisnis, saya ingin berbisnis dibidang penyewaan alat sound system, saya memilih bisnis ini karena menurut saya sangat profit, bisnis ini dapat profit atau sangat menguntungkan karena kita hanya memberikan jasa penyewaan alat sound system ke acara-acara besar dengan omzet besar, dengan itu kita hanya memberikan kontak personal kita ke customer dengan cara mempromosikan ke tempat-tempat dan ketempat orang-orang yang tepat, seperti kafe, acara pernikahan, dll. Bila sudah ada kemajuan besar usahanya bisa juga dapat menyewakan ke panggung-panggung besar, seperti konser nasional hingga memanggil artis/musisi manca negara.

Saya ingin memulai bisnis ini sebenarnya ingin bekerja sama dengan saudara saya. Menempatkan barang-barang sewaannya saya ingin menaruh dirumah sendiri sebagai tempat gudangnya, jika ada customer yang memesan penyewaan nanti alat-alatnya saya antar pada tempat yang dituju. Melihat kondisi perkembangan musik Indonesia yang pesat maka dari itu sangat efektif untuk menyediakan fasilitas alat-alat sound system untuk disewakan.

Sebelum memulai berbisnis kita juga harus tahu jumlah anggaran yang diperlukan untuk memulai usaha penyewaan sound system dengan secara terperinci, sbb :

Untuk paket sound system kira-kira memakai budget sekitar Rp 120.000.000 :

Mixer Allen Heath GL2400 24 ch 1
Effect Processor Lexicon MX300 1
LMS Audio Logic 1
Equalizer Ashly GQX3102 1
Equalizer dbx1231 1
Power Soundstandard CA18 2
Power DAAD M20K 1
Power Wisdom PA1.8 2
Speaker semi array custom 215 komponen MA1550AL 2
Speaker semi array custom 210 komponen Wisdom B388 4
Sub Reflex Bass 218 komponen DAAD L18P300 4
Mic Wireless Krezt U8030 True Diversity 1
Kabel Snake 24 input 8 out 1
Kabel Accessories S2CEB 1 roll 1
Hardcase Mixer GL2400 1
Hardcase 12U 2
Speakon 30
Jack Canon 40
Jack Akay 20
Monitor Aktif sisbro HT-15AU 4
kabel speaker 4 x 2,5 1 roll 100 meter 1

BIAYA LAIN-LAIN :

Gaji Karyawan  : Rp. 1.500.000/orang, sebulan.

Biaya Operasional : Rp. 2.000.000

HARGA PAKET SEWA :

Panggung Besar     : Rp. 30.000.000

Panggung Sedang  : Rp. 20.000.000

Panggung Kecil      : Rp. 10.000.000

Tinjauan Pustaka :

Memulai bisnis ini saya juga memiliki inspirasi dari salah satu perusahaan penyewaan sound system yaitu Doni Sound System (DSS). Referensi usaha saya juga dari tinjauan perusahaan tersebut. Linknya : http://dss-soundsystem.blogspot.com/

Kesimpulan :

Jadi bila anda yang tertarik memulai bisnis peyewaan sound system mungkin ada manfaatnya tulisan ilmiah saya ini sebagai acuannya, bisnis ini termasuk sangat menguntungkan dan juga harus memberi pelayanan yang baik bagi pelanggan penyewanya, maka tidak salahnya kita memiliki bisnis ini.


1 komentar:

  1. Sangat lengkap ulasan tentang BISNIS PENYEWAAN SOUND SYSTEM ini gan, semoga bisa memberi manfaat untuk semua pembaca, khususnya buat saya pribadi.
    TOA.

    BalasHapus