Jumat, 11 Januari 2013

Bisnis Online

Tugas Softskill
Nama   : Lugas Setyo Aji
NPM    : 24212257
Kelas   : 1EB13
UNIVERSITAS GUNADARMA 2012


Bisnis Online 

       Assalammuallaikum Wr Wb, seperti yang saya jelaskan artikel sebelumnya tentang Pengantar Bisnis, tetapi kalau yang satu ini saya akan menjelaskan tentang Bisnis Online, sebelumnya saya akan menjelaskan dari segi Definisi bisnis online, contoh-contoh situs web bisnis online,  kekurangan dan kelebihan memakai jasa bisnis online.
       Bisnis Online adalah suatu usaha bisnis jual-beli suatu barang, atau juga dapat berupa jasa, seperti bisnis biasa lainnya cara kegiatannya yang bertujuan untuk mencari keuntungan/laba. Tetapi bedanya bisnis online dengan bisnis lainnya, bisnis online cara transaksinya memakai jasa online, maksudnya cara transaksi dan mempromosikan barangnya tidak secara langsung antara pembeli dan penjual. Tetapi mempromosikan hanya dengan mempostingkan gambar, harga, dan spesifikasi lainnya kedalam suatu wadah aplikasi blog di web dengan menggunakan perangkat komputer yang tersambung ke jaringan internet. Perangkat komputer ini bisa saja desktop, nettop, notebook, netbook, smartphone, dan lain sebagainya. Intinya adalah kegiatan bisnis yang memanfaatkan jaringan internet. Zaman era teknologi sekarang ini sudah tidak diragukan lagi dengan adanya bisnis online, karena banyak sekali orang-orang sekarang memakai cara seperti ini, mengapa demikian?. 
        Fasilitas internet sudah di perkenalkan ke indonesia sudah lama tetapi baru menerapkannya tahun 1994, tetapi menerapkan bisnis online sekitar tahun 2000-an, terlebih lagi anak-anak yang masih muda pada saat itu sudah diajarkan cara memakai internet dan sekarang sudah tahun 2013, dari itu saja sudah membuktikan bisnis online sangat menjanjikan dari segi peluang kecakapan bisnisnya.
Nah saya akan memberikan contoh-contoh situs web bisnis online yang terkenal, antara lain :
1. Amazon.com
2. Tokobagus.com
3. Kedaidigital.com
4. warungmobil.com
5. rakuten.co.id 

Kegiatan Bisnis Online antara lain :
1. Jangan Bosan dengan Bisnis Online  
Bosan dengan suatu pekerjaan yang dilakukan itu wajar, maka dari itu bila kita bosan pada saat berbisnis online, sebaiknya kita sejenak bermain game atau membaca cerita atau gambar-gambar yang lucu di internet, mungkin itu dapat membuat menghilangkan rasa bosan pada diri kita.
2. Sering-sering menulis di blog
Bila kita ingin website kita lengkap dari segala macam artikel tentang bisnis online, mungkin pengunjung juga segan membacanya dan harus dianggap menarik pembacanya maka website bisnis online anda tentu harus dibuat lebih bagus dan berkualitas dari segi penulisannya juga.
3. Promosi alamat blog
Pasti disetiap kalangan orang zaman sekarang memiliki akun jejaring sosial untuk berinteraksi dengan orang lain. contohnya facebook, twitter, kaskur, dan lainnya. Nah, dari itu kita dapat memanfaatkannya untuk  promosi kepada teman-teman bahkan orang lain. Dan sering-seringlah promosikan alamat blognya di jejaring sosial.
4. Berinovasi dan Kreatifitas
Setiap zaman akan bergulir berubah dari yang kuno menjadi lebih modern dengan demikian halnya untuk berbisnis online juga harus begitu. Kita tidak hanya berinovasi tetapi juga harus kreatif, agar untuk dijadikan contoh bisnis online yang terbaik itu dapat memotivasikan anda menjadi pebisnis yang sukses.


Kekurangan menggunakan bisnis online : 
1. Bila kita sebagai pembeli terkadang dapat di curangi oleh penjual dengan iming-iming produknya bagus dan berkualitas tetapi setelah di beli barangnya tidak sesuai yang diharapkannya, disini pembeli harus hati-hati.
2. Bila kita sebagai penjual barangnya, pada saat pembeli melakukan transaksi kepada penjual, tetapi pembeli melakukan kecurangan dalam transaksi dengan cara apapun yang dilakukan, disini juga penjual harus berhati-hati.
3. Terkadang pembeli tidak memberikan alamat yang jelas, akibatnya pengiriman barang pun terhambat.
4. Biasanya ada jasa pengiriman barang hanya ke tempat tujuan tertentu yang mengakibatkan pembeli kurang puas.
5. Dengan adanya ongkos kirim barang, biasanya pembeli enggan membelinya hanya karna mahal ongkos kirimnya.
6. Tidak semua kalangan orang pembeli yang menggunakan jasa situs belanja online. 
7. Terkadang ada orang-orang yang nakal salah menggunakan bisnis online ini menjadi bisnis yang haram contohnya untuk berjudi, jualan barang haram, bahkan sampai perdagangan orang.

Kelebihan dan keuntungan menggunakan bisnis online :
1. Sangat efisien dan efektif dalam kegiatan jual-beli barang dimana saja, kapan saja kita dapat melakukan yang diinginkan untuk pembeli maupun penjual.
2. Tidak perlu mengeluarkan modal yang besar untuk mempromosikan produknya, seperti harus menyewa atau membeli tempat usaha.
3. Transaksinya sangat mudah dan cepat. 
4. Pembeli sangat mudah mencari barang yang diinginkan hanya dengan membrowser di situs belanja online dengan menggunakan komputer maupun gadget lainnya yang menggunkan internet.
5. Penjual tidak harus repot-repot mempromosikan barangnya kesana-kemari, hanya dengan mempostingkan barang dan spesifikasi barang tersebut ke situs belanja online. 
6. Berbisnis online dapat menghemat waktu kita, berbisnis sambil melakukan hal lain seperti kegiatan pekerjaan kantor, sekolah, dan lain-lain.

Tujuan dari artikel tersebut adalah :
Saya sebagai penulis ingin yang membaca artikel tersebut untuk melakukan bisnis online, karena betapa untungnya bila kita menerapkannya hal tersebut. Sebab berbisnis online dapat menguntungkan banyak pihak, dan sudah zamannya bisnis online untuk sekarang. Artikel tersebut adalah tulisan saya semua dan tips-tips dari saya untuk menjadi pebisnis online yang baik, maka dari itu bila ada kekeliruan atau kesalahan dari segi penulisan saya, saya sebagai penulis minta maaf sebesar-besarnya. Ayo mari kita berbisnis dari sekarang, semoga kita sukses dikemudian kelak, AMIN.

Penulis, Lugas Setyo Aji.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar