Rabu, 16 Januari 2013

Bisnis Jasa Laundry Pakaian



Tugas Softskill
Nama   : Lugas Setyo Aji
NPM    : 24212257
Kelas   : 1EB13
UNIVERSITAS GUNADARMA 2012



 Bisnis Jasa Laundry Pakaian


Sebelumnya saya sudah mengulas dan menjabarkan tentang  pengertian bisnis, tetapi pada kali ini saya akan menjelaskan perincian bisnis yang menurut saya profit dan sangat menguntungkan untuk dijalankan sebagai bisnis pemula seperti halnya kita ingin mengawali suatu bisnis. Tapi mengapa demikian?, saya memilih bisnis jasa laundry pakaian.

Seperti yang saya jelaskan postingan tulisan saya mengenai pengertian bisnis, bisnis itu secara singkat adalah segala suatu usaha yang dilakukan individu atau organisasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen individu sampai masyarakat guna mencari keuntungan/laba untuk pebisnis itu sendiri. Pebisnis dengan kata lain juga harus mencari peluang bisnis yang lebih terjamin dan konsisten untuk dijalaninya dalam mencari keuntungan sebanyak-banyaknya.
Bisnis Jasa Laundry Pakaian
Pada awalnya saya bingung apa yang saya lakukan jika saya ingin melakukan bisnis. Nah sebelum saya memilih bisnis, ada beberapa jenis kriteria saya agar menjadi usaha bisnis yang tidak salah untuk dijadikan usaha, antara lain :
1.       Melakukan pengecekkan kondisi wilayah tempat.
Maksudnya bila dalam tempat keramaian di wilayah tersebut maka peluang bisnis yang ada bisa banyak yang memakai jasa tersebut.
2.       Keadaan kebutuhan orang zaman sekarang sampai kedepannya.
Satu hal yang terpenting pebisnis dapat mengerti keluhan dan apa yang dibutuhkan setiap banyak orang, seperti orang sibuk yang tidak sempat melakukan hal lain selain bekerja maka kita cari yang sering dibutuhkannya.
3.       Jumlah keuntungan.
Dalam memilih bisnis pasti setiap orang tahu dalam usaha pasti ingin mencari keuntungan yang besar tentunya.
4.       Memilih bisnis sesuai dengan bakat dan minat dari jati diri sendiri.
Bila kita melakukan suatu hal pekerjaan harus dilandasi  dengan sesuai kemampuan bakat dan minat, karna tersebut berperanan penting demi kelancaran berbisnis, dan jangan salah memilih.


Nah, dari bacaan diatas saya lebih memilih bisnis jasa laundry pakaian, mungkin karena menurut saya itu lebih mudah dan simpel. Saya memilih tersebut karena saya lebih baik membuat usaha rumahan terlebih dahulu, baru bila sudah profit usahanya di buat usahanya lebih besar lagi. Bisnis ini dihitung dari perhitungan financial keuangannya lumayan menggiurkan. Contoh, bila saya mematokkan harga perkilo pakaian kotor seharga Rp. 6.000, namun bila sehari terdapat 30 kilo saja pakaian kotor, maka sehari berjumlah Rp. 180.000, bila dikalikan sebulan kurang lebih 30 hari maka berjumlah Rp. 5.400.000, sedangkan pengeluaran modal hanya membayar gaji 1 karyawan Rp. 900.000, maka 2 karyawan Rp. 1.800.000, ongkos lainnya seperti sabun, listrik dll sebulan seharga misal Rp. 1.000.000, maka keuntungannya adalah pemasukkan – pengeluaran, Rp 5.400.000 – Rp. 2.800.000 maka keuntungannya berjumlah Rp. 2.600.000, bagaimana jika sehari mencapai 100 kilo, perkiraan keuntungan kurang lebih mencapai ± Rp. 10.000.000.
Itulah yang dapat saya sampaikan mengenai pendapat saya bila anda ingin menjalani atau memulai berbisnis, jangan ada rasa pesimis untuk berbisnis bila terjadi kegagalan, terus dan terus mencoba, jangan bosan mencoba, dan terus kreatif. Kegagalan adalah pelajaran sangat berharga dan suatu cara menuju kesuksesan untuk tidak mengulangi kegagalan lagi.   
Sekian dari tulisan saya, semoga bermanfaat untuk pembaca dan mohon maaf sebesar-besarnya untuk kesalahan tulisan saya. Terimakasih. 
 
Salam Penulis, Lugas Setyo Aji.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar